Selasa, 10 Juli 2012

Foto Profil dan Nama Mantan Pemimpin Jakarta dari Masa ke Masa

Foto Profil dan Nama Pemimpin Jakarta dari Masa ke Masa ---Mendekati pemilihan Gubernur DKI Jakarta, tidak ada salahnya kita sedikit mengenal tentang siapa saja yang pernah memimpin Jakarta dari masa ke masa. Mulai dari Jakarta masih di pimopin oleh walikota, hingga dipimpin oleh seorang gubernur. Dari sini kita juga tahu bahwa Jakarta setidaknya sudah dipimpin oleh 12 orang pemimpin sejak kemerdekaan Indonesia.

Berikut adalah Foto dan Nama Mantan Pemimpin Jakarta dari Masa ke Masa yang di kutip dariDetikNews dan TempoInteraktif.

Sutiyoso (1997-2002 dan 2002-2007)
Mantan Pemimpin JakartaSutiyoso adalah gubernur DKI selama 2 periode yakni 1997-2002 dan 2002-2007. Bang Yos, begitu pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah 6 Desember 1944 ini biasa disapa. Mantan Menristek Kusmayanto Kadiman dalam suatu kesempatan sempat menjuluki Bang Yos sebagai pemimpin bertangan besi bersarung tangan beludru.

Kebijakannya terkesan keras, tanpa kompromi dan kontroversial. Seperti penambahan lajur busway, pemagaran Monas. Sistem transportasi busway dengan 10 koridor yang menghubungkan Jakarta merupakan salah satu proyek yang berhasil di bawah kepemimpinannya, untuk sedikit memecahkan masalah kemacetan di Jakarta.

Setelah Sutiyoso, penggantinya adalah wakilnya yakni Fauzi Bowo. Fauzi Bowo yang menang dalam Pilgub DKI 2007-2012 kini mencalonkan kembali menjadi gubernur DKI periode 2012-2017.

Surjadi Soedirdja (1992-1997)
Mantan Pemimpin JakartaDi masa kepemimpinannya, Surjadi Soedirdja membuat proyek pembangunan rumah susun, menciptakan kawasan hijau, memperbanyak daerah resapan air. Adapun proyek kereta api bawah tanah (subway) dan jalan susun tiga (triple decker) belum terwujud. Yang jelas, Surjadi berhasil membebaskan jalan-jalan Jakarta dari becak. Peristiwa 27 Juli 1996 terjadi pada masa Jakarta di bawah kepemimpinannya.

Selepas menjabat gubernur, Surjadi diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri. Ia sempat menjadi anggota MPR Utusan Daerah periode 1998-1999. Pada 13 Februari 2000, pria kelahiran Jakarta pada 11 Oktober 1938 ini diserahi jabatan sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan ad interim, ketika Presiden Abdurrahman Wahid menonaktifkan Jenderal Wiranto dari jabatan sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan. 

Wiyogo Atmodarminto (1987-1992)
Mantan Pemimpin JakartaGubernur Wiyogo, terkenal dengan panggilan Bang Wi, adalah gubernur yang secara rutin berkunjung ke berbagai tempat di Jakarta. Dikenal sebagai pemimpin yang open mind dan sikap disiplin. Di awal kepemimpinannya, dia memutuskan untuk menerapkan konsep BMW: bersih, manusiawi, wibawa. Pria yang lahir pada 22 November 1922 ini juga mencurahkan perhatian pada kesejahteraan rakyat dengan memikirkan sejumlah masalah perkotaan seperti becak, tanah, sanitasi, dan masalah transportasi. Sebelum menjadi Gubernur DKI, dia adalah Dubes RI untuk Jepang, mantan Panglima Kowilhan II (1981-1983) dan Panglima Kostrad (Januari 1978 – Maret 1980). Penggusuran becak di wilayah Jakarta terjadi pada masa kepemimpinannya.

Raden Soeprapto (1982-1987)
Mantan Pemimpin JakartaSoeprapto berlatar belakang militer. Pada masa agresi Belanda, sebagai Komandan Kompi PETA, ia memimpin pertempuran di front Srondol, Semarang. Padahal satu hari, di saat-saat pertempuran itu, ia sudah dijadwalkan menikah dengan Rr. Soeprapti Probodipoero, gadis pilihannya. Terpaksa sang komandan digantikan oleh salah seorang rekannya demi melangsungkan pernikahan. Di karir militernya, pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 12 Agustus 1924 ini pernah menjabat Danmen Taruna Akmil, Asisten 2/OPS Kodam VII Diponegoro, Kasdam XVII/Cenderawasih, sampai Panglima Kodam XVI/Udayana. Sebelum menjabat gubernur, dia adalah Sekretaris Jenderal Depdagri.

Dengan pengalaman kepemimpinannya, terutama di ketentaraan, Soeprapto dinilai mampu menangani masalah Jakarta yang kompleks. Dia memulai kepemimpinannya dengan mengajukan konsep yang pragmatis dan bersih tentang pembangunan Jakarta sebagai ibu kota serta sebagai kota besar. Dia menekankan stabilitas, keamanan, dan ketertiban. Soeprapto membuat master plan DKI Jakarta untuk periode 1985 sampai 2005, yang dikenal sebagai Rencana Umum Tata Ruang dan Rencana Bahagian Wilayah Kota.

Tjokropranolo (1977-1982)
Mantan Pemimpin JakartaSebelum menjabat gubernur Jakarta, selama satu tahun Tjokropranolo menjadi asisten Gubernur Ali Sadikin. Dia dikenal sebagai seorang pekerja keras, berpandangan lurus, terkadang berwatak seperti Anoman, tokoh wayang yang penuh pengabdian.

Dia punya perhatian terhadap nasib buruh. Selama dia menjabat gubernur, dia sering mengunjungi berbagai pabrik untuk mengecek kesejahteraan buruh dan mendapatkan gagasan langsung tentang upah mereka. Usaha kecil juga menjadi perhatiannya. Dia mengalokasikan sekitar 425 tempat untuk 46 ribu pedagang kecil agar dapat berdagang secara legal. Walau begitu, kemacetan lalu lintas dan kesemrawutan transportasi kota menjadi masalah yang sulit dipecahkan. Perda yang mengatur pedagang jalanan tidak efektif, sehingga mereka masih berdagang di wilayah terlarang, menempati badan jalan, dan memacetkan lalu lintas.

Bang Nolly, demikian panggilan akrabnya, lahir di Temanggung, Jawa Tengah, 20 Mei 1924. Anak bupati Temanggung ini, di masa revolusi fisik, menyandang pangkat kapten. Ia adalah pengawal pribadi Panglima Besar Sudirman. Ia pula turut meloloskan Pak Dirman dari maut serangan Belanda, yang berkali-kali melakukan percobaan pembunuhan. Dalam karir kemiliteran, ia pernah menjabat Asintel Siaga, sekretaris militer untuk presiden. Pada Juli 1977, ia dilantik sebagai gubernur Jakarta.

Setelah menanggalkan jabatan gubernur, Bang Nolly aktif sebagai pekerja sosial. Terakhir ia diangkat sebagai Ketua Yayasan Rumah Sakit Bakti Yudha, Depok. Meninggal pada usia 74 tahun di rumah sakit tentara di Jakarta pada 22 Juli 1998.

H. Ali Sadikin (1966-1977)
Mantan Pemimpin JakartaKetika menjadi Gubernur DKI, Ali Sadikin cukup populer di mata warganya. Tak hanya membangun pasar, masjid, puskesmas, sekolah, serta gedung tinggi, Bang Ali, demikian panggilan akrabnya, juga mengarahkan tempat perjudian kasino dengan pengenaan pajak yang tinggi untuk mengisi kas pemda. Selain itu, Bang Ali juga mendirikan Taman Ismail Marzuki. Atas keberhasilan menata Jakarta, sang gubernur yang kharismatik ini menerima hadiah Magsaysay dari Filipina, 1971. "Kepemimpinan tidak dapat bekerja hanya dengan kharisma, pemimpin harus menjadi orang yang siap untuk bekerja," katanya.

Lelaki kelahiran Sumedang, Jawa Barat, 7 Juli 1927 ini menempuh pendidikan dengan berpindah-pindah. Setelah lulus SMP di kota kelahirannya, ia melanjutkan ke SMA di Bandung. Tamat dari Sekolah Pelayaran Tinggi, Semarang, pada 1945. Sejak kecil bercita-cita menjadi pelaut. Ketika revolusi pecah, Ali masuk BKR-Laut, cikal bakal TNI-AL. Ia lalu dikirim ke Tegal, Jawa Tengah, untuk membentuk pangkalan AL. Kesempatan itu ia pergunakan untuk membentuk Korps Marinir. Setelah lama berkiprah di Angkatan Laut, terakhir menjabat Deputi II Menteri Pangal, ia dipercaya menjabat Menteri Perhubungan Laut. Baru kemudian menjadi gubernur.
Namanya masih berkumandang walau sudah tak menjadi gubernur. Anggota Kelompok Kerja Petisi 50 ini dikenal sebagai orang yang bersikap kritis terhadap pemerintahan Orde Baru.

Henk Ngantung (1964-1965)
Mantan Pemimpin JakartaSebelum menjadi Gubernur Jakarta, Henk Ngantung dikenal sebagai pelukis tanpa pendidikan formal. Bersama Chairil Anwar dan Asrul Sani, ia turut mendirikan "Gelanggang". Ngantung juga pernah menjadi pengurus Lembaga Persahabatan Indonesia-Tiongkok, 1955-1958. Seniman yang tergabung dalam Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra) ini merupakan pemrakarsa berdirinya Sanggar Gotong Royong.

Sebelum diangkat jadi Gubernur Jakarta, ia ditunjuk oleh Presiden Soekarno sebagai deputi gubernur di bawah Soemarno. Saat itu, banyak juga kalangan yang protes atas pengangkatan Ngantung. Soekarno ingin Ngantung bisa menjadikan Jakarta sebagai kota budaya. Dan, Ngantung dinilainya memiliki bakat artistik. Salah satu pengalaman yang barangkali menarik ialah tatkala presiden memanggilnya ke istana hanya untuk mengatakan bahwa pohon-pohon di tepi jalan yang baru saja dilewati dikurangi. Masalah pengemis yang merusak pemandangan Jakarta tak lepas dari perhatian Ngantung. Tapi, semua upaya untuk itu tak berhasil.

Soemarno Sosroatmodjo (1960-1964)
Mantan Pemimpin JakartaGubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Raya yang satu ini adalah seorang dokter yang juga brigadir jenderal TNI. Pada periode dia sebagai gubernur, masalah besar menghadang, terutama berkaitan dengan pembebasan Irian Jaya dan demonstrasi ganyang Malaysia.

Pada periode kepemimpinan Soemarmo, selain dibangun Monas, Patung Selamat Datang, dan Patung Pahlawan di Menteng, juga dibangun rumah minimum. Konsep rumah minimum ini adalah rumah dengan luas 90 meter persegi, dibangun di atas tanah 100 meter persegi, terdiri dari dua lantai, lokasinya dekat dengan tempat kerja. Proyek pertama rumah minimum dibangun di Raden Saleh, Karang Anyar, Tanjung Priok, dan Bandengan Selatan. Setelah selesai masa baktinya, Soemarmo menjabat Menteri Dalam Negeri.

Sudiro (1953-1960)
Mantan Pemimpin JakartaSudiro menggantikan Sjamsuridjal. Ia memimpin pemerintahan Kota Praja Jakarta Raya antara 1953-1960, di mana dari 1953 sampai 1958 ia menjabat walikota; ketika Jakarta mendapat status administratif tingkat pertama, Sjamsuridjal sebagai gubernur dari 1958-1960.

Salah satu kebijakan yang sampai sekarang dipakai adalah pemecahan wilayah terkecil, Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Kampung (RK) yang kemudian jadi rukun warga (RW). Selain itu, ia juga memecah Jakarta sebagai satu kesatuan menjadi tiga wilayah administratif yang disebut kebupaten dan dikepalai oleh seorang patih. Tiga wilayah tersebut adalah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan.

Sudiro punya keinginan yang menggelora untuk melestarikan gedung-gedung bersejarah dan monumen. Ide membangun Monumen Nasional (Monas) lahir di bawah kepemimpinan Sudiro. Inisiatifnya berasal dari Sarwoko. Presiden Soekarno pun mendukung gagasan tersebut. Adapun pelaksanaan pembangunan dilakukan pada masa kepemimpinan Soemarmo. Pada Desember 1959, Sudiro memutuskan tidak lagi menjalankan fungsinya sebagai kepala pemerintahan Jakarta.

Sjamsuridjal (1951-1953)
Mantan Pemimpin JakartaSebelum menjadi Wali Kota Jakarta Raya, Sjamsuridjal menjabat Wali Kota Bandung dan Solo. Kebijakan yang cukup terkenal pada masa kepemimpinannya adalah mengenai masalah listrik. Walau begitu, ia juga memberi prioritas pada masalah air minum, pelayanan kesehatan, pendidikan, dan kebijakan atas tanah. Guna mengatasi masalah listrik yang sering padam, Sjamsuridjal membangun pembangkit listrik di Ancol. Adapun untuk meningkatkan penyediaan air minum, dia membangun penyaringan air di Karet, penambahan pipa, peningkatan suplai air dari Bogor. Di bawah pemerintahan Sjamsuridjal, bidang pendidikan juga mendapat perhatian. Ia mendukung pengembangan Universitas Indonesia.

Daan Jahja (1947-1950)
Mantan Pemimpin JakartaDaan Jahja memegang tampuk pemimpin sementara saat Suwiryo diasingkan. Daan adalah gubernur militer Jakarta setelah sebelumnya menjadi Panglima Divisi Siliwangi. Selama memimpin Jakarta dia menghadapi pemberontakan Kapten Westerling yang tidak menerima terhadap penyerahan kedaulatan Belanda kepada Indonesia. Pada awal 1950, Jakarta menghadapi masalah administrasi dalam masa transisi dari pemerintah kolonial ke pemerintah NKRI. Dan Daan berhasil membenahi masalah itu.

Daan yang lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat, pada 5 Januari 1925 ini wafat pada 20 Juni 1985, tepat saat Idul Fitri 1405 H, sepulangnya dari Masjid Sunda Kelapa setelah melaksanakan salat Ied.

Raden Suwiryo (1945-1947 dan 1950-1951)
Mantan Pemimpin JakartaWalikota pertama Jakarta ini kelahiran Wonogiri, Jawa Timur, 1903. Belajar ilmu hukum di Batavia, ia giat dalam pergerakan kebangsaan. Sebagai gubernur di ibu kota negara yang masih baru itu beban di pundaknya sangat berat, karena begitu Indonesia merdeka, Jakarta didominasi dengan perjuangan melawan Belanda. Karena itulah Suwirjo sempat terputus jabatannya karena ia ditangkap oleh Belanda.

Selain itu, di masa kepemimpinannya, Suwirjo dihadapkan pada persoalan tanah, yang menjadi problem utama Jakarta. Ketika Jepang menduduki Indonesia, antara 1942-1945, Jepang menawarkan kepada warga Jakarta untuk menggunakan semua tanah kosong, bahkan taman, untuk kebun sayur. Semua tanah ini digunakan tanpa pertimbangan, konsultasi, atau bayar sewa kepada pemilik yang sah. Pun tidak ada pendaftaran. Akibatnya terjadi kebingungan mengenai kepemilikan dan penggunaan atas tanah. Satu kebijakannya mengenai tanah, dia memutuskan agar semua tanah didaftar menurut nama pemilik atau pengguna, ukuran tanah, penggunaan tanah dan sejarah kepemilikan atau penggunaan tanah. Meski demikian, ia tidak mampu membuat kebijakan atas tanah secara spesifik. Tugas tersebut dibebankan kepada penggantinya, Sjamsuridjal.
Sumber : Iskaruji.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar