Sabtu, 10 Maret 2012

Cara Twitteran dan Tips Menggunakannya



nah sebelum ke tingkatan bersosial ada baiknya anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

Apakah anda sudah melengkapi identitas agar pengguna lain dapat mengenali anda seperti profile picture, nama, location dan sebagainya. jika belum anda perlu melengkapinya. caranya klik menu paling kanan atas lalu pilih "Setting atau Pengaturan". akan terbuka sebuah halaman twitter seperti dibawah ini.



Gambar diatas adalah halaman dimana anda dapat mengatur akun anda.
  • Pada gambar telur, itu adalah sebuah foto profile, karena anda belum memasukkan foto profile anda maka hanya akan muncul foto profile seperti itu, segera ganti foto profile dengan milik anda sendiri (usahakan foto Close Up agar lebih jelas terlihat)
  • Kolom nama adalah nama username, jadi jika anda seorang teman yang ingin berhubungan dengan anda maka nama tersebutlah yang digunakan. (saran gunakan nama asli)
  • Isi Kolom lokasi untuk memudahkan seseorang mengenali anda, karena akan banyak orang di twitter yang bernama sama dengan anda. (Foto profile juga bisa digunakan sebagai acuan dan mengenali akun twitter anda.)
  • Kolom web digunakan jika memiliki sebuah web atau blog, atau bisa juga diisi dengan akun Facebook.
  • Bio, sebenarnya ini terserah kepada anda untuk mengisinya dengan isian apa.
Jika sudah, biasa kan untuk mengKlik tombol simpan. jika sudah, silahkan kembali ke menu profile, klik dibagian atas.

Apakah anda sudah memiliki Follower atau memFollow seseorang?
Untuk tingkat pemula, anda dapat mencari atau memberi tahu kepada teman-teman anda bahwa anda telah memiliki twitter dan silahkan saling follow, hanya satu langkah saat menemukan akun yang dicari tinggal klik follow maka akan terfollow. anda dapat mencari seseorang, topik dan lain sebagainya di kolom pencarian (Bagian atas kiri). jika anda ingin memFollow seorang publik figur atau artis silahkan cari namanya di kolom pencarian makan akan muncul orang yang anda cari, perhatikan tanda "Verified" atau centang berwarna biru muda yang menandakan bahwa orang tersebut benar-benar orang yang anda cari karena bisa saja anda salah memFollow seorang artis yang kebetulan namanya sama dengan pengguna lain atau seseorang yang mengaku-ngaku sebagai artis tersebut.

Sebelumnya, jangan lupa untuk memfollow halaman ini di twitter (klik tombol dibawah satu kali)



Cara Retweet, dan Reply atau membalas tweet sesorang yang ditujukan kepada kita atau tidak.
Caranya cukup mudah, tinggal ikuti menu dibawah tweet tersebut. (lihat gambar dibawah)



Nah, saya contohkan sebuah tweet dari ArmanMaulana, perhatikan dibagian bawah tweet tersebut ada beberapa menu.
  • Retweet jika ingin tweet tersebut menjadi tweet anda yang akan dilihat oleh orang-orang yang memFollow anda.
  • Balas, (sangat jelas)
  • Jika ingin berhubungan anda tinggal menyebutkan nama akun orang itu dengan memulainnya dengan tanda "@" lalu nama akun, Contoh: "@Armanmaulana kapan Gigi konser ke kotaku?", jika beruntung, tweet anda akan dibalas.
Mengetahui sebuah tweet yang ditujukan kepada anda.
Bila seseorang menyebutkan @NamaAkunAnda dalam tweetnya maka tweet tersebut akan ada dibagian (Lihat gambar dibawah)



Kurang Jelas?

Yang ini.



Klik menu tersebut maka (jika ada), adalah tempat tweet yang ditujukan kepada anda.

Info dan tanda lainnya adalah tanda "#" tanpa tanda petik, biasanya mengawali sebuah kata yang berfungsi sebagai penanda sebuah topik. Contoh: "#TentangCurHat"

Beberapa hal penting lainnya adalah "Trending Topic", adalah sebuah topik yang lagi ramai dibicarakan lewat di twitter, tempatnya dibagian kanan (lihat gambar dibawah)



Gambar diatas adalah kata-kata dan kalimat yang lagi "ngetren" dibicarakan pada waktu itu, setiap hari biasanya Trending Topic berubah-ubah dan terkadang ada kata bahasa Indonesia yang masuk, tidak heran karena pengguna twitter di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia, sehingga masuk Trending Topic di dunia.

Nah, sampai disana anda sudah bisa disebut "tweeps" (Sebutan untuk pengguna twitter). untuk hal-hal lain lambat laun  anda akan terbiasa dan makin mahir menggunakannya. Salam Tweeps.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar